Rabu, 16 September 2015

Pameran Transportation 2015 Day One (Pembukaan)

Tanggal: 16 September 2015
Lokasi: Gedung SMESCO Convention Center

    Tepat jam 9 saya sampai sendirian di pameran transportasi bertempat di gedung smesco jakarta selatan. Sudah banyak orang orang yang kelihatan nya mempunyai peran penting dalam bidang transportasi atau logistik berlalu lalang dan mengobrol di luar gedung maupun di dalam gedung. Di depan pintu masuk pun sudah dipajang 2 motor dishub. Pertama masuk saya melakukan registrasi dan diberi nametag/tanda pengenal yg bertuliskan invitation. Setelah itu saya melihat sejenak dan langsung berpandang kepada stand citilink dan bluebird dengan alat transportasi nya mobil bluebird model terlama dan terbaru.
    Tidak lama setelah itu semua yg berada di bawah/lobby diumumkan untuk naik ke lantai 3 ruang ballroom untuk menyaksikan pembukaan pameran ini. setelah menunggu lama sambil dihibur oleh pertunjukan kolintang dharma wanita, pukul 10:30 datanglah kementrian pekerja umum Basuki Hadimuljono , dan Ignasius Jonan mentri perhubungan untuk pembukaan acara lalu pertunjukan tari Lenggang nyai dari betawi untuk menunjukan keceriaaan wanita.
     Kemudian Penyelanggara pameran transportasi ini Suroyo Alimoeso pertama berbicara di depan untuk penyambutan dan mengucapkan selamat hari perhubungan dan untuk Pameran yg Bertema: Perkuat keselamatan dan kuakitas pelayanan transportasi publik Kemudian dilanjuti oleh bapak Jonan Menteri perhubungan untuk kurang lebih 15 menit berbicara tentang transportasi di indonesia. Berikut summary nya:

"    Transportasi di indonesia terutama tentang keselamatan baik darat, udara maupun laut yg akan menjadi alokasi yg besar sekali dan suatu hal yg wajib.
      pertama kita berbicara tentang tranportasi darat yang paling menguras biaya karena tiap hari terjadi kecelakaan di jalan dan perbaikan tidak bisa dicapai dengan sangat mendadak, sebabnya transportasi publik harus bisa menghindari adanya kecelakaan. Namun 8 bulan terakhir ini identifikasi kecelakaan cukup signifikan sekitar 20-30% membaik dan akan terus dikembangkan. Begitu juga dengan kualitas layanan seperti memperbaiki jalan raya juga perlu diperhatikan. Anggaran alokasi untuk lalu lintas jalan seperti rambu-rambu lalu lintas ditingkatkan dari 200 miliyar di thn 2014 menjadi 1,5 triliun di tahun ini agar kualitas jalanan lebih baik.
      Lanjut dengan berbicara tentang udara yaitu navigasi udara harus diperbaikan terutama untuk bandara yg movementnya lebih dari 10 kali setiap hari. Ada 237 jumlah bandara du seluruh indonesia. 26 bandara besar, 30 dikelola oleh pemerintah dan 180 bandara dikelola oleh kementrian perhubungan karena masih kritis sehingga perlu diperbaiki. Berbicara soal keamanan bandara yaitu masalah pagar bandara yg perlu dilengkapi tahun ini, penting karena kalau tidak, banyak maskapai yang tidak mau mendarat karena keamanan kurang baik. Seperti kata bapak Jonan "tanaman makan pagar"
       kemudian berbicara tentang keamanan laut. Setiap bandar bertanggung jawab untuk melepas kapal dalam kondisi cuaca yang memungkinkan. "Keselamatan ini memang biayanya tidak murah tapi kalau terjadi sesuatu itu semua disesali" kata bapak Jonan. Lalu juga pengoprasian kapal penumpang terutama di wilayah yang ombaknya tinggi perlu menggunakan kapal-kapal yang kapasitasnya lebih besar.
       Terakhir kita berbicara masalah kereta api yaitu perbaikan persinyalan dan prasarananya. Investigasi yang berkaitan dengan keselamatan akan terus ditingkatkan."

        Itu saja yg disampaikan oleh menteri perhubungan bapak Ignasius Jonan dilanjutkan pembukaan pameran dengan membunyikan sirine dan pameran transportasi 2015 resmi dibuka. Pukul 11:30 selesai, Setelah itu para menteri dan pejabat menghimpun isi pameran di exhibition hall.
Di dalam hall tersebut terdapat banyak stand dan salah satunya adalah stand stmt trisakti kampus saya sendiri. Beberapa Stand lainnya adalah, PT wika, korlamtas polri, PT dharma lautan utama, stip, sttd, waskita karya dll. Diiringi dengan acara peresentasi tentang berberapa perusahaan seperti borobudur taxi dan korlamtas polri yg mempromosikan soal perpanjangan SIM keliling.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar