Sabtu, 19 September 2015

Pameran Transportation 2015 Day Two (Diskusi Umum)

17 September 2015

Hari kedua saya datang lagi ke gedung Smesco untuk seminar tentang “Perkuat Keselamatan dan kualitas Pelayanan Transportasi publik”. Karena di brosur tertera jadwal seminarnya jam 08:30 jadi saya dateng jam segitu tapi ternyata acaranya ngaret sampe jam 09:30 ckck.  Di depan sudah ada 5 Narasumber yang akan menyampaikan tentang strategi-strategi  untuk menangani keselamatan dan kenyamanan transportasi pada instansinya masing-masing
Berikut summarynya:

Moderator: suryo hilal

1.         Basarnas.
Narasumber: KHB Soelistiyo

Sesuai dengan UU No 29/2014 tentang perencanaan pertolongan  kecelakaan kapal, Negara mempunyai tanggung jawab menjaga dan melindungi segenap pertumpah darah indonesia.
Negara indonesia merupakan bagian dari wilayah transportasi internasional yang melewatinya,oleh karna itu kita lihat bahwa oleh secara hukum kita menganut pada IMO (internasional Maritime Organization)
di negara kita sendiri kita sudah ada cangkupan tentang pelayaran dan tentang penerbangan. 2 hal ini mewajibkan kita untuk cepat menangani setiap kecelakaan yang terjadi di wilayah indonesia.
Maka tugas basarnas adalah ketentuan undang undang nomor 9 thn 2014 dimana tugas basaranas terhadap kecelakaan, musibah, becanna dan kondisi yang membahayakan. Kecelakaanyang sering terjadi kecelakaan pada pesawat terbang dan kecelakaan pada kapal dan kecelakaan yang dibutuhkan penanganan khusus seperti kecelakaan pada kereta api membutuhkan kemampuan khusus untuk menangani nya.Basarnas sudah mempunyai kemampuan-kemampuan khusus dalam menangani kecelakaan.
Peranan basarnas adalah tidak memnaggap enteng . untuk kapal laut itu memiliki alat komunikasi hiden yang bisa membunyikan sinyal. Dan kemudian adanya pengecekan atau registrasi tentang iuki bisa digunakan pada saat kecelakaan terutama pada respon time yg diutamakan adalah kecepatan kordinasi antara basarnas  sar kontainer dan yg di kapal laut itu disatukan dalam pelaksanaan nya
Tindakan upaya ini kita melaksanakan kordinasi dan melihat mana yang harus kita kembangi agar tidak terjadi tumpang diri.

2.       Citilink
Narasumber: Hans nugroho

Di dunia penerbangan citilink banyak hal kritis terjadi dan 2 hal yg sering menjadi sorotan yaitu perihal keamanan dan perihal kenyamanan.  Kedua hal ini menjadi poin poin yang snagan kritis dari sisi penumpang maupun dari sisi regulator. Dimana kita hafrus menjaga semuanya, harga, keamanan dan pelayanan. Kita memiliki organisasi safety, memiliki budaya safety dan mempunyai monitor impor. Organisasi yang dianut oleh citilink adalah safety, security, quality yang harus dijaga.\
Penggerak suksesnya citilink
a.       selalu konsekuen untuk setiap kegiatam armada.(sudah  43 rute di 25 kota)
b.      on time form ditargetka n menjadi 99%
c.       supply
d.      high pressure
e.      shocking brand
f.        cost
g.        kebersamaan

3.         Layanan Perkreta Apian
Narasumber: Masrono yugi

Kereta api adalah bagian transmoda transportasi yang cukup penting. “Kami selalu meningkatkan pelayanan keamanan dan keselamatan.”
Pengembangan perkereta apian di  indonresia:
a.       permintaan penumpang  dan barang ,
b.      angkutan kereta api,
c.        teknologi
Hal lain yang ngin ditingkatkan adalah sistem atp dan sistem keselamatan lain
“Kami telah menentukan mentri untuk standard pelayanan dan mentri untuk keselaatan pengoprasian”

4.         Korlantas Polri
Narasumber: kombes unggul setiawan

Keselamatan jalan raya menjadi unsur nasional. Keselamatan jalan raya pada harketnya selama ini  bahakan menjadi keruagian. Karen kecelakaan lalu lintas ini selalu mengalami kenaikan.  Menjadi pehatian nasional.
Melalui kegiatan ini, korlantas mengajak kita semua mulai dari kita sendiri kemudian secara luas memperlihatkan keselamatan kesejahteraan.
Keselamatan memang output dari sebuah proses, paling banyak diantantaranya unsur manusia, Kedaraan dan jalan. Banyak saaat ini yg masih menganggap bahawa lalu lintas itu hanya sebuah menuju tujuan yang tidak perhatikan bagaimana keselamatannya. Yang paling sering terjadi adalah tabrakan kepala antar kepala (head to head).
Kesempantan ini kami sampaikan bahwa korlantas polri meningkatkan kualitas SIM melalui online. Jadi bapak ibu sekalian bisa melakukan perpanjangan sim dari manapun tanpa perlu harus dari tempat asal. Kami meningkatkan soal ujian pembuatan sim. Tapi banyak orang yg bilang soal itu sulit padahal soal itu ditujukan untuk pemahaman  prosedur lalu lintas. Tapi bapak ibu bisa belajar soal soal tersebut di website korlantas.
Upaya meningkatkan keselamatan melalui uji mengemudi. Selain itu upaya korlantas yang setiap hari nya adalah penegakan hukum soal angkutan umum, saat ini telah bekerja sama dengan perhubungan datang ke terminal bersama sama memeriksakan persiapan pengemudi sebelum berangkat.
Kita sama sama meningkatakan keselamatan dan kedisiplinan mulai dari diri sendiri.

5.         Jasa Raharja
Narasumber: HM wahyu Wibowo

Jasa raharja itu fungsinya dari pemerintah, hadir dalam setiap korban kecelakaan yang sudah terjai segera mungkin supaya korban itu tidak lebih sengsara lagi.
UU no. 33 tahun 1964 tentang dana pertanggunangan wajib kecelakaan penumpang


Tidak ada komentar:

Posting Komentar