17 September 2015
Hari kedua saya datang lagi ke gedung Smesco untuk seminar tentang “Perkuat Keselamatan dan kualitas Pelayanan Transportasi publik”. Karena di brosur tertera jadwal seminarnya jam 08:30 jadi saya dateng jam segitu tapi ternyata acaranya ngaret sampe jam 09:30 ckck. Di depan sudah ada 5 Narasumber yang akan menyampaikan tentang strategi-strategi untuk menangani keselamatan dan kenyamanan transportasi pada instansinya masing-masing
Hari kedua saya datang lagi ke gedung Smesco untuk seminar tentang “Perkuat Keselamatan dan kualitas Pelayanan Transportasi publik”. Karena di brosur tertera jadwal seminarnya jam 08:30 jadi saya dateng jam segitu tapi ternyata acaranya ngaret sampe jam 09:30 ckck. Di depan sudah ada 5 Narasumber yang akan menyampaikan tentang strategi-strategi untuk menangani keselamatan dan kenyamanan transportasi pada instansinya masing-masing
Berikut summarynya:
Moderator: suryo hilal
1. Basarnas.
Narasumber:
KHB Soelistiyo
Sesuai dengan UU No 29/2014 tentang
perencanaan pertolongan kecelakaan kapal,
Negara mempunyai tanggung jawab menjaga dan melindungi segenap pertumpah darah
indonesia.
Negara indonesia merupakan bagian
dari wilayah transportasi internasional yang melewatinya,oleh karna itu kita
lihat bahwa oleh secara hukum kita menganut pada IMO (internasional Maritime
Organization)
di negara kita sendiri kita sudah
ada cangkupan tentang pelayaran dan tentang penerbangan. 2 hal ini mewajibkan
kita untuk cepat menangani setiap kecelakaan yang terjadi di wilayah indonesia.
Maka tugas basarnas adalah
ketentuan undang undang nomor 9 thn 2014 dimana tugas basaranas terhadap
kecelakaan, musibah, becanna dan kondisi yang membahayakan. Kecelakaanyang
sering terjadi kecelakaan pada pesawat terbang dan kecelakaan pada kapal dan
kecelakaan yang dibutuhkan penanganan khusus seperti kecelakaan pada kereta api
membutuhkan kemampuan khusus untuk menangani nya.Basarnas sudah mempunyai
kemampuan-kemampuan khusus dalam menangani kecelakaan.
Peranan basarnas adalah tidak
memnaggap enteng . untuk kapal laut itu memiliki alat komunikasi hiden yang
bisa membunyikan sinyal. Dan kemudian adanya pengecekan atau registrasi tentang
iuki bisa digunakan pada saat kecelakaan terutama pada respon time yg
diutamakan adalah kecepatan kordinasi antara basarnas sar kontainer dan yg di kapal laut itu
disatukan dalam pelaksanaan nya
Tindakan upaya ini kita melaksanakan
kordinasi dan melihat mana yang harus kita kembangi agar tidak terjadi tumpang
diri.
2.
Citilink
Narasumber:
Hans nugroho
Di dunia
penerbangan citilink banyak hal kritis terjadi dan 2 hal yg sering menjadi
sorotan yaitu perihal keamanan dan perihal kenyamanan. Kedua hal ini menjadi poin poin yang snagan
kritis dari sisi penumpang maupun dari sisi regulator. Dimana kita hafrus
menjaga semuanya, harga, keamanan dan pelayanan. Kita memiliki organisasi
safety, memiliki budaya safety dan mempunyai monitor impor. Organisasi yang
dianut oleh citilink adalah safety, security, quality yang harus dijaga.\
Penggerak suksesnya
citilink
a.
selalu konsekuen untuk setiap kegiatam armada.(sudah 43 rute di 25 kota)
b.
on time form ditargetka n menjadi 99%
c.
supply
d.
high pressure
e.
shocking brand
f.
cost
g.
kebersamaan
3.
Layanan Perkreta Apian
Narasumber:
Masrono yugi
Kereta api adalah bagian
transmoda transportasi yang cukup penting. “Kami selalu meningkatkan pelayanan
keamanan dan keselamatan.”
Pengembangan perkereta apian di indonresia:
a.
permintaan penumpang dan barang ,
b.
angkutan kereta api,
c.
teknologi
Hal lain yang ngin ditingkatkan
adalah sistem atp dan sistem keselamatan lain
“Kami telah menentukan mentri
untuk standard pelayanan dan mentri untuk keselaatan pengoprasian”
4.
Korlantas Polri
Narasumber:
kombes unggul setiawan
Keselamatan jalan raya menjadi
unsur nasional. Keselamatan jalan raya pada harketnya selama ini bahakan menjadi keruagian. Karen kecelakaan
lalu lintas ini selalu mengalami kenaikan.
Menjadi pehatian nasional.
Melalui kegiatan ini, korlantas
mengajak kita semua mulai dari kita sendiri kemudian secara luas memperlihatkan
keselamatan kesejahteraan.
Keselamatan memang output dari
sebuah proses, paling banyak diantantaranya unsur manusia, Kedaraan dan jalan.
Banyak saaat ini yg masih menganggap bahawa lalu lintas itu hanya sebuah menuju
tujuan yang tidak perhatikan bagaimana keselamatannya. Yang paling sering terjadi
adalah tabrakan kepala antar kepala (head to head).
Kesempantan ini kami sampaikan
bahwa korlantas polri meningkatkan kualitas SIM melalui online. Jadi bapak ibu
sekalian bisa melakukan perpanjangan sim dari manapun tanpa perlu harus dari
tempat asal. Kami meningkatkan soal ujian pembuatan sim. Tapi banyak orang yg
bilang soal itu sulit padahal soal itu ditujukan untuk pemahaman prosedur lalu lintas. Tapi bapak ibu bisa
belajar soal soal tersebut di website korlantas.
Upaya meningkatkan keselamatan melalui
uji mengemudi. Selain itu upaya korlantas yang setiap hari nya adalah penegakan
hukum soal angkutan umum, saat ini telah bekerja sama dengan perhubungan datang
ke terminal bersama sama memeriksakan persiapan pengemudi sebelum berangkat.
Kita sama sama meningkatakan
keselamatan dan kedisiplinan mulai dari diri sendiri.
5. Jasa Raharja
Narasumber:
HM wahyu Wibowo
Jasa raharja itu fungsinya dari pemerintah,
hadir dalam setiap korban kecelakaan yang sudah terjai segera mungkin supaya
korban itu tidak lebih sengsara lagi.
UU no. 33 tahun 1964 tentang dana
pertanggunangan wajib kecelakaan penumpang
Tidak ada komentar:
Posting Komentar