18 September 2015
Hari ketiga saya datang lagi ke Gedung Smesco yang katanya ada seminar juga seperti hari kedua. Tapi saya kurang begitu tau dengan info-infonya jadi saya datang jam 09:30 tetapi sampai sana nyatanya tidak ada seminar tetapi adanya diskusi terbuka dan itu jam 14:00 kata panitia (capedeeeehh >.<). Alhasil kita tunggu deh disana tak tentu arah sampai akhirnya seminar mulai jam 13:30. Yang terdapat 3 narasumber dan salah satunya pak Tjuk Sukardiman, ketua STMT Trisakti. Berikut summarynya:
Hari ketiga saya datang lagi ke Gedung Smesco yang katanya ada seminar juga seperti hari kedua. Tapi saya kurang begitu tau dengan info-infonya jadi saya datang jam 09:30 tetapi sampai sana nyatanya tidak ada seminar tetapi adanya diskusi terbuka dan itu jam 14:00 kata panitia (capedeeeehh >.<). Alhasil kita tunggu deh disana tak tentu arah sampai akhirnya seminar mulai jam 13:30. Yang terdapat 3 narasumber dan salah satunya pak Tjuk Sukardiman, ketua STMT Trisakti. Berikut summarynya:
Moderator: Didiet Hidayat
1.
Narasumber: Suroyo Alimoeso (Transportasi
Indonesia)
·
Transportasi adalah perpindahan barang-barang
dari titik satu ke titik lainnya menggunakan moda transport.
·
Yang bertanggung jawab atas transportasi
indonesia adalah pemerintah baik tingkat nasional atau pusat, wilayah dan kota.
·
Yang lemah dari sistem transportasi sdi
indonesia adalah kita tidak pernah konsisten dengan apa yang kita punya, SDM
kurang, kurang perhatian terhadap lingkungan, dan kita terlalu santai atau
menganggap sepela tentang transportasi di indonesia ini.
2.
Narasumber: Tjuk Sukadiman (ketua STMT Trisakti)
“UPAYA MENEGAKKAN DISIPLIN BERLALU LINTAS DAN BERTRANSPORTASI”
·
Logistik dan transport bagai sis mata uang,
saling berkaitan. Logistik tidak ada artinya tanpa transport dan sebaliknya.
Sedangkan transportasi pun tidak bisa lepas dari kita dan dalam memenuhi
kebutuhan.
·
Sistem transportasi nasional merupakan logistik
nasional
·
Penyeban kecelakaan lalu lintas yg mempengaruhi
adalah manusia, kendaraan, jalan, lingkungan dengan cuaca.
3.
Narasumber: Yuki N Hanafi (ketua ALFI)
MENINGKATKAN
KESELAMATAN DAN KUALITAS PELAYANAN TRANSPORTASI PUBLIK
·
Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di
dunia memiliki karakteristik yang sangat berbeda dibandingkan negara lain.
·
Beberapa Reformasi logistik yaitu: pembangunan
infrasturktur logistik, kebijakan fiskal. Harmonisasi regulasi, peningkatan
SDM, profesionalisme anggota ALFI
·
Logistik performance indeks kita membaik. Biaya
logistik kita sebesar 24,6% untuk kegiatan ekspor impor. tapi kalo untuk domestik bisa lebih dari itu seperti industri semen 40
persennya soal distribusi dari packaging, warehousing. “Bayangkan aja kita membuang sesuatu pada
sesuatu yang sebetulnya bisa lebih murah lagi” kata bapak Yuki
·
Kalau kita bicara logistik itu kita harus bicara
komoditinya tidak bisa hanya salah satu. Biaya logistik yang harusdikontrol itu
yang berhubungan dengan masyarakat banyak seperti makanan. Sangat penting
antara supply & demand juga termasuk masalah distribusi. Kalau bicara
logistik itu harus belajar mengenai jenis komoditinya.
·
Penumpang atau pemilik barang itu mempunyai hak
dan kewajiban dalam menjalankan fasilitas kendaraan yang ada
Tidak ada komentar:
Posting Komentar